animasi bergerak naruto dan onepiece
"Akulah gembala yang baik. Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku." (Yohanes 10 : 1-24)

Selasa, 04 Januari 2011

Cara Memulai Usaha Baru

Suatu cara bagi anda yang ingin berhasil dalam memulai usaha baru, dimulai dari dalam diri anda sendiri. Bukan seberapa besar modal yang anda miliki untuk membuka usaha baru, tetapi seberapa besarkah Tekad dan Keyakinan anda untuk berhasil. Tekad dan Keyakinan diperlukan untuk memperoleh hasil yang maksimal dan memberikan suatu ide – ide cemerlang (inspirasi) kreatif dalam pikiran anda untuk membuat usaha baru. Jika Anda akan memulai usaha yang memiliki kekuatan bertahan, ada empat sumber yang harus Anda miliki. Untuk memulai usaha baru hingga mencapai kesuksesan, Anda harus :

1. Memiliki Komitmen Penuh

Pengusaha sukses adalah orang-orang yang memiliki komitmen penuh pada usahanya. Anda harus siap meletakkan hati dan jiwa Anda pada apa yang Anda kerjakaan. Anda harus benar-benar percaya dengan produk atau jasa Anda, dan bersiap bekerja dengan waktu yang lama untuk meyakinkan orang lain agar percaya dengan produk Anda. Anda juga harus siap melepaskan liburan, dan bahkan kebutuhan seperti gaji. Dan Anda melakukan semua ini tanpa adanya rasa aman seperti yang dirasakan pegawai yang menerima gaji, tunjangan dan pensiun.

2. Menjadi "Tipe D”

Orang memiliki komitmen pada dirinya sendiri untuk semua hal. Hanya dengan memiliki komitmen tidak berarti otomatis mencapai kesuksesan bisnis. Jika Anda ingin mencapai tujuan kemana Anda pergi dan memiliki usaha yang bisa bertahan, Anda harus menjadi orang dengan “Tipe D” ; seseorang yang memiliki desire (hasrat) disertai drive (dorongan), dengan discipline (disiplin) yang kuat serta determination (keteguhan hati).

Tidak cukup hanya memiliki ide bisnis, tapi Anda juga harus mampu melaksanakannya. Pengusaha sukses adalah orang-orang yang ulet; rintangan adalah hambatan sesaat yang harus diselesaikan. Mereka tidak menerima jawaban “Tidak”, tapi hanya sebatas untuk me-frame ulang pertanyaan dari berbagai sudut dan menanyakan kembali. Tapi hasrat dan dorongan saja belumlah cukup untuk memulai usaha; Anda tidak ingin bisnis Anda hanya melesat sesaat. Disiplin dan keteguhan hati yang memberikan keberhasilan pengusaha untuk merealisasikan ide bisnisnya, melalui badai dan menenangkan iklim ekonomi. Pengetahuan adalah sumber lain yang Anda butuhkan sebelum memulai usaha.

3. Memahami Peluang Bisnis Yang Dibutuhkan

Banyak orang yang mencoba memulai usaha tanpa merasa perlu mendapatkan pengetahuan bisnis yang dikerjakan agar usaha mereka berhasil – tapi justru bisnis mereka gagal. Untuk memulai usaha, Anda harus memiliki pengetahuan terhadap aspek bisnis yang berbeda-beda dan memiliki ketrampilan yang berbeda, atau setidaknya telah melakukan riset untuk mendapatkan dan menyewa orang yang memiliki ketrampilan yang tidak Anda punyai.

Saat Anda menciptakan business plan, salah satu langkah yang dibutuhkan adalah penilaian yang jujur atas keterampilan dan keahlian Anda. Aspek bisnis mana yang Anda kuasai dan bisa ditangani, dan aspek mana yang masih perlu Anda pelajari lebih jauh atau memerlukan bantuan. Memahami peluang bisnis yang dibutuhkan lebih cenderung dari apa yang dibutuhkan konsumen dari pada keinginan hati anda untuk membuka sesuatu. Melihat peluang bisnis yang ada di lingkungan dan apa yang menjadi keperluan bagi konsumen itu yang menjadi suatu sasaran dalam memulai usaha baru.

Pengetahuan bisnis sebelum memulai usaha adalah hal yang sangat penting. Seluruh dukungan dan keteguhan tidak banyak membantu jika Anda tidak memiliki pengetahuan untuk menjalankan bisnis agar berhasil dan tidak melakukan riset serta merencanakannya dengan baik.

4. Memiliki Sistem Pendukung yang Baik.

Memiliki sistem pendukung yang baik ini bisa dimaksudkan adalah orang – orang sekitar anda yang senantiasa mendukung anda baik dalam hal memberikan saran ataupun mendengarkan gagasan anda dan masalah – masalh yang anda hadapi. Mereka dapat memberi masukan yang baik ataupun kritik yang dapat membangunm anda. Mereka adalah orangtua, sahabat maupun pasangan yang merupakan orang – orang terdekat dan memiliki hubungan baik dengan anda.

Setelah keempat hal ini anda miliki, tentunya hal yang selanjutnya yang harus anda miliki adalah modal untuk membuka usaha baru. Modal tentunya tidak harus dalam jumlah yang besar, tetapi cukup dari tabungan yang anda miliki atau uang yang ada sisihkan untuk perencanaan usaha yang baru yang akan anda buat. Setelah usaha yang anda miliki berjalan dengan baik, anda dapat melakukan peminjaman melalui koperasi ataupun Bank untuk mengembangkan usaha yang anda miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar