animasi bergerak naruto dan onepiece
"Akulah gembala yang baik. Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku." (Yohanes 10 : 1-24)

Selasa, 04 Januari 2011

Motivasi Melayani

Judul Makalah : MOTIVASI MELAYANI

BAB I

Pendahuluan

A. Latar belakang penulisan

Dalam segala kegiatan pelayanan baik dalam organisasi rohani maupun sekuler. Setiap orang pasti mempunyai alasan tersendiri mengapa seseorang bersedia melakukan pekerjaan tertentu atau mengapa orang yang satu bekerja lebih giat sedangkan yang lainnya bekerja biasa saja. Tentulah semua ini ada dasar alasan yang menyebabkan seseorang bersedia bekerja seperti itu atau dengan kata lain pasti ada hal yang mendorongnya. Motivasi dapat dikatakan sebagai daya penggerak di dalam diri setiap individu yang menimbulkan kegiatan untuk melakukan sesuatu yang lebih dan menjamin kelangsungan dari tindakan apa yang akan dilakukannya. Sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek itu dapat tercapai. Motivasi Melayani merupakan faktor yang paling menentukan dalam memenuhi dan melayani segala hal yang ingin dilakukukan.

BAB II

Tinjauan Pustaka

1. MOTIVASI

A. Pengertian Motivasi

Setiap orang pasti mempunyai alasan tersendiri mengapa seseorang bersedia melakukan pekerjaan tertentu atau mengapa orang yang satu bekerja lebih giat sedangkan yang lainnya bekerja biasa saja. Tentulah semua ini ada dasar alasan yang menyebabkan seseorang bersedia bekerja seperti itu atau dengan kata lain pasti ada motivasinya. Motivasi dalam Hasibuan (1996:92) berasal dari bahasa latin “movere” yang berarti dorongan atau daya penggerak, maksudnya adalah motivasi merupakan sesuatu yang mendorong atau menggerakan seseorang untuk melakukan pekerjaan atau kegiatan tertentu. Sejalan dengan hal tersebut Gibson, Invancevich dan Donnelly yang diterjemahkan oleh Djoerban Wahid (1994:262) menyatakan bahwa motivasi merupakan konsep yang digunakan untuk menggambarkan dorongan yang timbul pada atau di dalam individu yang menggerakan dan mengarahkan perilakunya. Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh Martin Handoko (1992:42) yang menyatakan motivasi sebagai suatu tenaga atau faktor yang terdapat di dalam diri manusia, yang menimbulkan, mengarahkan dan mengorganisasikan tingkah lakunya, lebih lanjut Martin Handoko (1992:42) mengatakan tindakan yang digerakan oleh suatu sebab yang datang dari luar individu disebut tindakan yang bermotif ekstrinsik, sedangkan tindakan yang datang dari dalam diri individu disebut dengan tindakan bermotif instrinsik. Sehingga dapat diartikan bahwa motivasi adalah dorongan yang timbul, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar diri manusia, yang menggerakan dan mengarahkan prilakunya untuk melakukan pekerjaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu.

Morgan (dalam Soemanto, 1987) mengemukakan bahwa motivasi bertalian dengan tiga hal yang sekaligus merupakan aspek- aspek dari motivasi. Ketiga hal tersebut adalah keadaan yang mendorong tingkah laku ( motivating states ), tingkah laku yang didorong oleh keadaan tersebut ( motivated behavior), dan tujuan dari pada tingkah laku tersebut ( goals or ends of such behavior ). Sedangkan McDonald (dalam Soemanto, 1987) mendefinisikan motivasi sebagai perubahan tenaga di dalam diri seseorang yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi- reaksi mencapai tujuan. Menurut Prayitno (1987:75), secara umum motivasi dapat diartikan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seorang itu mau dan ingin melakukan sesuatu dan bila ia tidak suka maka akan berusaha untuk meniadakan atau mengelakkan perasaan tidak suka itu. Motivasi adalah penggerak tingkah laku ke arah suatu tujuan dengan didasari suatu kebutuhan (Rusyan, 1989:99).

Menurut Gibson dalam Anoraga dan Suyati (1995:72), ada dua teori motivasi yaitu : Teori Kepuasan dan Proses.

1. Teori kepuasan

Teori ini berdasarkan pendekatan atas faktor-faktor kebutuhan dan kepuasan individu yang menyebabkannya bertindak dan berperilaku dengan cara tertentu. Teori ini memusatkan perhatian pada faktor-faktor dalam diri orang yang menguatkan, mengarahkan, mendukung dan menghentikan perilakunya. Teori ini mencoba menjawab pertanyaan kebutuhan apa yang memuaskan dan mendorong semangat bekerja seseorang. Jadi pada dasarnya teori ini mengemukakan bahwa seseorang akan bersemangat bekerja untuk dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasannya. Yang termasuk dalam kelompok teori ini antara lain :

a. Teori Motivasi Klasik oleh F. W. Taylor

Menurut teori ini motivasi para pekerja hanya untuk dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan biologis saja, yaitu kebutuhan yang diperlukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup seseorang.

b. Teori Hirarki Kebutuhan oleh A. H. Maslow

Menyatakan bahwa kebutuhan dan kepuasan para pekerja identik dengan kebutuhan biologis dan psikologis yang berupa materil maupun nonmaterial. Dasar dari teori ini adalah bahwa manusia merupakan mahluk sokial yang keinginannya tidak terbatas dan baru berhenti setelah akhir hayatnya tiba, alat motivasinya adalah kepuasan yang belum terpenuhi serta kebutuhannya bertingkat-tingkat (hirarki) dari yang paling rendah sampai dengan yang paling tinggi, dimana tingkat-tingkat tersebut adalah kebutuhan fisik, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan diri, kebutuhan aktualisasi diri.

c. Teori Dua Faktor Henzberg oleh F. Henzberg

Menurut teori ini pekerja dalam melaksanakan pekerjaannya dipengaruhi oleh dua faktor utama yang merupakan kebutuhan yaitu : Faktor-faktor pemeliharaan, berhubungan dengan hakikat pekerja yang ingin memperoleh ketentraman badaniah yang berlangsung secara terus-menerus, misalnya:lapar-makan-kenyang-lapar. Dalam bekerja misalnya, gaji, kepastian bekerja dan supervise yang baik. Yang kedua yaitu faktor-faktor motivasi, merupakan faktor-faktor yang menyangkut kebutuhan psikologis yang berhubungan dengan penghargaan terhadap pribadi yang secara langsung berkaitan dengan pekerjaan, misalnya ruangan yang nyaman, penempatan kerja yang sesuai dan lainya.

d. Teori Motivasi Prestasi oleh Mc. Clelland

Teori ini menyatakan bahwa seseorang pekerja memiliki energi potensial yang dapat dimanfaatkan tergantung pada dorongan motivasi, situasi dan peluang yang ada. Kebutuhan pekerja yang dapat memotivasi gairah kerja adalah : kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan afiliasi, kebutuhan akan kekuasaan.

e. Teori ERG (Existence, Relatedness, and Grouth) oleh Clynton Alderfer

Merupakan penyempurnaan dari teori yang dikemukakan oleh maslow dan menurut para ahli dianggap lebih mendekati keadaan yang sebenarnya menurut data empiris. Teori ini mengemukakan ada 3 kelompok kebutuhan utama, yaitu : kebutuhan keberadaan, kebutuhan afiliasi, dan kebutuhan kemajuan.

f. Teori Motivasi Human Relation

Teori ini mengutamakan hubungan seseorang dengan lingkungannya. Seseorang akan berprestasi baik jika orang tersebut diterima dan diakui dalam pekerjaan serta lingkunganya. Teori ini menganjurkan apabila dalam memotivasi pekerja memerlukan kata-kata yang mengandung bijaksana, sehingga dapat menimbulkan rasa dihargai dan sikap optimis.

g. Teori Motivasi Clund S. Georgers

Seseorang mempunyai kebutuhan yang berhubungan dengan tempat dan suasana ia bekerja yaitu: upah yang layak, kesempatan untuk maju, pengakuan sebagai individu, keamanan kerja, tempat kerja yang baik, penerimaan oleh kelompok, perlakuan yang wajar, pengakuan atas prestasi.

2. Teori Proses

Teori yang berusaha agar setiap pekerja mau bekerja giat sesuai dengan harapan. Daya penggerak yang memotivasi semangat kerja terkandung dari harapan yang akan diperolehnya. Jika harapan menjadi kenyataan maka pekerja cenderung akan meningkatkan kualitas kerjanya, begitu pula sebaliknya. Ada tiga macam teori motivasi proses yang terkenal yaitu :

a. Teori Harapan (V. H. Voorm)

Menyatakan bahwa kekuatan yang memotivasi seseorang untuk bekerja giat dalam mengerjakan pekerjaanya tergantung dari hubungan timbal balik antara apa yang ia inginkan dan yang dari hasil pekerjaan itu. Berapa besar orang tersebut yakin organisai akan memberikan pemuasan bagi keinginannya sebagai imbalan atau usaha yang dilakukannya itu. Bila keyakinan yang diharapkan cukup besar untuk memperoleh kepuasannya, maka orang tersebut akan bekerja keras pula. Teori ini didasarkan pada :

- Harapan (Expectancy), adalah suatu kesempatan yang disediakan dan akan terjadi karena adanya perilaku

- Nilai (valence), merupakan nilai yang diakibatkan oleh perilaku tertentu, misalnya nilai positif pada peristiwa terpilihnya seorang karena memang ingin dipilih.

- Pertauatan (instrumentality), yaitu besarnya probabilitas; jika bekerja secara efektif apakah akan terpenuhi keinginan dan kebutuhan tertentu yang diharapkan.

b. Teori Keadilan (Equity Theory)

Keadilan merupakan daya penggerak yang memotivasi semangat seseorang, jika prinsip ini diterapkan dengan baik maka semangat kerja cenderng akan meningkat.

c. Teori pengukuhan (reinforcement Theory)

Teori ini didasarkan atas hubungan sebab akibat dari perilaku dengan pemberian kompensasi. Teori pengukuhan ini terdiri dari dua jenis, yaitu :

- Pengukuhan positif, yaitu bertambahnya frekuensi perilaku, terjadi jika pengukuh positif diterapkan secara beryarat.

- Pengukuhan negatif, yaitu bertambahnya frekuensi perilaku, terjadi jika pengukuh negatif dihilangkan secara bersyarat.

Jadi prinsip pengukuhan selalu berhubuangan dengan bertambahnya frekuensi dan tanggapan, apabila diikuti oleh suatu stimulus yang bersyarat. Demikian juga prinsip hukuman (Punishment) selalu berhubungan dengan berkurangnya frekuensi tanggapan, apabila tanggapan itu diikuti oleh rangsangan yang bersyarat.

B. Bentuk-bentuk motivasi

Bentuk-bentuk motivasi terbagi berdasarkan sumber dorongan internal atau eksternal darimana motivasi berasal.

1. Suryabrata dalam (Tomi Darmawan,2007) membedakan motivasi berdasarkan sebab-Sebab timbulnya motivasi itu sendiri ke dalam dua golongan, yaitu:

- Motivasi Intrinsik, adalah motivasi yang memang berasal dari dalam individu sendiri. Misalnya, orang yang gemar membaca tidak ada yang mendorongnya untuk membaca.

- Motivasi Ekstrinsik, adalah motivasi yang berasal dari luar individu dan berfungsi karena ada perangsang dari luar. Misalnya, orang giat belajar kalau diberi tahu sebentar lagi ujian.

2. Sternberg (1998), motivasi berasal dari dalam dan luar individu, yaitu:

- Motivasi Instrinsik, memotivasi kekuatan yang datang dari dalam individu, contoh ketika seseorang melakukan suatu pekerjaan karena disebabkan ia menikmati atau menyukai pekerjaan yang ia lakukan.

- Motivasi Ekstrinsik, memotivasi kekuatan yang datang dari luar individu, contoh ketika seseorang terdorong untuk melakukan sesuatu karena suatu hadiah yang akan diperoleh atau merasa terancam oleh suatu hukuman yang akan diterima bila ia tidak melakukannya.

C. Sifat-sifat Motivasi

Ranupandoyo dan Husnan (1990, p.204) menyatakan bahwa pada garis besarnya motivasi digolongkan sebagai berikut:

1. Motivasi positif adalah proses untuk mencoba mempengaruhi orang lain agar menjalankan sesuatu yang diinginkan dengan memberikan tambahan uang, tambahan penghargaan dan sebagainya.

2. Motivasi negatif adalah suatu proses untuk mempengaruhi seseorang agar mau melaksanakan sesuatu yang diinginkan, dasar yang dipergunakan adalah lewat kekuatan.

D. Fungsi motivasi

Menurut Sardiman (2007:85) fungsi motivasi ada tiga, yaitu:

1. Mendorong manusia untuk berbuat, motivasi dalam hal ini merupakan motor penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan.

2. Menentukan arah perbuatan, yaitu ke arah tujuan yang hendak dicapai, sehingga motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuannya.

3. Menyeleksi perbuatan, yaitu menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.

Menurut Hamalik (2000:175) ada tiga fungsi motivasi, yaitu:

1. Mendorong timbulnya kelakuan atau suatu perbuatan, tanpa motivasi tidak akan timbul perbuatan seperti belajar.

2. Sebagai pengarah, artinya mengarahkan perbuatan kepada pencapaian tujuan yang diinginkan.

3. Sebagai penggerak, berfungsi sebagai mesin bagi mobil. Besar kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu pekerjan.

E. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi

Azhari (2004) menjelaskan secara umum motivasi yang dimiliki manusia amat ditentukan oleh tiga dertermian pokok yaitu:

1. Determian yang berasal dari lingkungan seperti kegaduhan, bahaya dari lingkungan, desakan-desakan dari orang lain dan lain-lain.

2. Determian dari dalam diri individu seperti harapan atau cita-cita, emosi, insting keinginan dan lain-lain.

3. Tujuan atau nilai-nilai suatu objek. Menyangkut faktor-faktor yang berasal dari dalam diri individu seperti kepuasan kerja, tanggung jawab, atau dari luar individu seperti status, uag dan lain-lain.

F. Komponen motivasi

Menurut beberapa devinisi, motivasi terdiri dari beberapa komponen, yaitu :

1. Menurut purwanto (2002) komponen motivasi terdiri dari:

a. Menggerakan, seperti menimbulkan kekuatan, memimpin, bertindak dengan cara tertentu.

b. Mengarahkan, seperti menyediakan orientasi tujuan. Tingkah laku diarahkan pada sesuatu.

c. Menopang. Lingkungan sekitar menguatkan intensitas dan arah dorongan-dorongan dan kekuatan-kekuatan individu.

2. Menurut Mc Donald (dalam Azhari, 2004), tiga elemen penting motivasi sebagai sebuah proses perubahan energi, adalah sebagai berikut:

a. Tingkah laku, penampilan dari motivasi bisa diidentifikasi dari sejumlah kegiatan fisik manusia, berupa perbuatan atau tingkah laku.

b. Perasaan, ketika seseorang menerima kabar bahwa ia harus pulang karena orang tuanya meninggal, secara langsung yang bersangkutan memperlihatkan adanya perasaan yang bisa dilihat dari ekspresi sedih di wajah atau upayanya untuk menghilakan rasa sedih itu.

c. Tujuan, ketika seorang mahasiswa memperoleh nilai tinggi, otomatis ia akan terangsang untuk belajar lebih giat supaya tujuannya tercapai.

3. Menurut Siagian (2004), komponen motivasi terdiri dari:

a. Kebutuhan

Kebutuhan timbul apabila dirasakan adanya ketidakseimbangan dalam diri yang tidak sesuai dengan harapan dari si individu.

b. Dorongan

Dorongan merupakan usaha pemenuhan kekurangan secara terarah, yang berorientasi pada tingkatan tertentu.

c. Tujuan

Tujuan adalah segala sesuatu yang menghilangkan kebutuhan dan mengurangi dorongan, dimana pencapaian tujuan mengembalikan keseimbangan.

2. Melayani

A. Pengertian Melayani

Secara umum melayani merupakan kata yang sudah tidak asing didengar. Kata tersebut seringkali digunakan dan diidentikkan dengan pelayan atau hamba dan tentunya ada yang disebut majikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001), arti melayani adalah membantu menyiapkan (mengurus) apa-apa yang diperlukan seseorang. Dalam hal ini seperti pembantu rumah tangga yang melayani segala keperluan majikannya atau juga seperti seorang pengasuh anak.

Dalam bahasa Ibrani, istilah yang dipakai adalah mesyaret yang biasanya menunjuk kepada pelayanan di Bait Suci atau di tempat lain kepada pelayanan malaikat-malaikat (Mzm. 104:4). Sedangkan dalam bahasa Yunani digunakan beberapa istilah, yaitu:

1) Doulow (douloo), melayani sebagai hamba (budak). David Watson menyatakan: “Seorang budak adalah seorang yang sama sekali tidak memiliki kepentingan diri sendiri. Dalam ketaatan penuh kerendahan hati ia hanya bisa berkata dan bertindak atas nama tuannya. Contohnya seperti budak-budak kulit hitam yang pekerjakan oleh para kaum kulit putih. Dalam hal ini, para budak-budak tersebut selalu melakukan apa yang diperintahkan oleh tuannya, mereka menjadi milik tuannya secara penuh.

2) Diakonew (diakoneo), melayani sebagai pelayan dapur, yang menantikan perintah di sekitar meja makan. Ini bukan pekerjaan yang menyenangkan, karena seringkali ia akan menerima dampratan dari orang yang merasa kurang puas dilayani. Dalam arti luas kata ini menyatakan seseorang yang memperhatikan kebutuhan orang lain, kemudian berupaya untuk dapat menolong memenuhi kebutuhan itu.

3) Uphrethv (hyperetes), melayani sebagai bawahan terhadap atasannya. Seperti para pekerja-pekerja buruh yang bekerja sesuai dengan perintah atasan.

4) Litourgikov (litourgikos), melayani orang lain di depan publik. Pelayanan ini dilakukan kepada sejumlah orang pada saat yang bersamaan, sehingga harus direncanakan dan terus ditingkatkan. Misalnya kegiatan kemanusiaan yang diadakan untuk para orang-orang miskin dan para lansia dimana hal ini membutuhkan adanya perencanaan bersama.

Segala sesuatu yang kita lakukan bila itu untuk memenuhi keperluan, atau keinginan orang lain maka dapat dikatakan sebagai bentuk melayani. Dan orang-orang yang melayani biasa disebut sebagai pelayan, namun sebutan ini lebih banyak digunakan untuk para pembantu rumah tangga dan para pelayan yang melayani di bidang kerohanian, sedangkan dalam dunia kerja lebih disebut dengan, karyawan atau juga buruh.

B. Objek yang dilayani

Siapa yang dilayani dapat dilihat dari bidang mana yang dilayani oleh seorang pelayan. Misalnya pembantu rumah tangga yang bekerja melayani majikan dimana ia bekerja. Sama halnya dengan pekerja buruh yang bekerja melayani atasannya. Namun berbeda dengan para relawan dimana yang dilayani bukan majikan atau atasan tetapi para korban bencana alam. Sedangkan bila dilihat dari bidang kerohanian maka yang dilayani adalah Tuhan.

C. Tujuan melayani

Melayani tentunya memiliki tujuan tertentu, tergantung pada siapa yang melayani dan siapa yang dilayani. Seperti pada para buruh pekerja serabutan yang melayani (bekerja) untuk atasannya, para pembantu rumah tangga dan lainnya yang bekerja untuk majikan, mereka bekerja untuk dapat menafkahi keluarga, lain halnya dengan para relawan yang melayani para korban bencana alam dimana tujuan pelayanan mereka adalah untuk membantu para korban tersebut.

Namun berbeda dengan para pelayan-palayan di bidang kerohanian, dalam hal ini mereka melayani dengan tujuan untuk mengenapi rencana Allah bagi manusia dan juga untuk memuliakan nama-Nya sesuai dengan kepercayaan mereka.

D. Ciri-ciri pelayanan yang sejati

Alkitab mencatat untuk menjadi seorang pelayan yang baik dan berkenan dihadapan Tuhan, adalah harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

(1). Rela memberikan diri untuk melayani (II Tim 2:4);

(2). Memperhatikan kebutuhan orang lain tanpa menunda

(3). Melakukan yang terbaik dengan apa yang saudara miliki.

(4). Mengerjakan setiap tugas dengan penuh dedikasi (penyerahan diri).

(5). Setia pada Pelayanan kita (Mat. 25:23).

(6). Tetaplah Rendah Hati (I Pet 5:5 – BIS)

Seorang pelayan selain haruslah taat, memiliki belas kasihan, memiliki motivasi yang benar dalam melayani, ia juga harus menjaga kekudusannya (dalam kekristenan kekudusan sangatlah penting, hal ini sesuai dengan firman Tuhan dalam Roma 12:1). Menjaga kekudusan disini adalah dengan menjauh dari hal-hal yang negatif yang dapat berakibat buruk terhadap tubuh seperti seks bebas, penggunaan obat-obat terlarang dan lain-lain. Saat-saat ini ada banyak sekali kasus yang terjadi seperti seks bebas, tingkat aborsi yang tinggi dan juga penggunaan narkotika yang semakin marak dikalangan masyarakat. Hal-hal seperti inilah yang dapat membuat kinerja seorang pelayan menjadi menurun.

3. Motivasi Melayani

Motivasi dalam Hasibuan (1996:92) berasal dari bahasa latin “movere” yang berarti dorongan atau daya penggerak, maksudnya adalah motivasi merupakan sesuatu yang mendorong atau menggerakan seseorang untuk melakukan pekerjaan atau kegiatan tertentu. Sedangkan melayani kata tersebut seringkali digunakan dan diidentikkan dengan pelayan atau hamba. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001), arti melayani adalah membantu menyiapkan (mengurus) apa-apa yang diperlukan seseorang. Sedangkan dalam organisasai Kristen atau pun dalam suatu perusahaan, melayani adalah memberikan suatu jasa atau servis terbaik kepada otoritas atau pemimpin, sesama pekerja, customer (jemaat dalam lingkup gereja ) yang ada, dan berusaha memenuhi segala kebutuhannya.

Dalam hal melayani selain dibutuhkan motivasi yang benar, perlu adanya juga kefokusan, kekudusan dan juga kesetiaan. Khususnya dalam bidang rohani Kristen, motivasi melayani para pelayan adalah karena sudah diselamatkan, karena mengasihi Tuhan. Sesuai dengan firman Tuhan (II Tim 1:9), (Ef. 4:4-14; I Pet 2:9). Semua orang Kristen tanpa kecuali dipanggil untuk melayani Pekerjaan Tuhan.

Pada umumnya setiap orang yang melayani dalam organisasi rohani mempunyai motivasi yang sama, yaitu karena mengasihi Tuhan, namun adapula motivasi yang lain, seperti masuk pelayanan karena ikut teman ada juga karena ada seseorang yang diincar atau disukai dalam organisasi rohani tersebut.

Dari semua penjelasan diatas maka dapat disimpulkan motivasi melayani adalah, sesuatu hal yang mendorong atau menggerakan seseorang ataupun pelayan untuk dapat melakukan, memenuhi dan melayani segala kebutuhan pemimpinnya ataupun customer (dalam lingkup dunia kerja) dan jemaat (dalam lingkup gereja).

BAB III

Penutup

A. Kesimpulan

Motivasi dapat dikatakan sebagai daya penggerak di dalam diri setiap individu yang menimbulkan kegiatan untuk melakukan sesuatu yang lebih dan menjamin kelangsungan dari tindakan apa yang akan dilakukannya. Dalam segala kegiatan pelayanan baik dalam organisasi rohani maupun sekuler. motivasi melayani adalah, sesuatu hal yang mendorong atau menggerakan seseorang ataupun pelayan untuk dapat melakukan, memenuhi dan melayani segala kebutuhan pemimpinnya ataupun customer (dalam lingkup dunia kerja) dan jemaat (dalam lingkup gereja).

Daftar Pustaka

Chaplin, J.P. (2000). Kamus Psikologi Jakarta. P.T. Raya Grafindo Persada.

Gellermar, S.W. (1970). Motivation and Productivity. Bombay: D.B. Taraporela & Co. Private ltd.

Teori Motivasi, Http://id.wikipedia.org, 21 November 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar